Cara cara mencari backlink yang salah mulai tahun 2014

1/30/2014
Orang banyak berkata bahwa SEO adalah bukan ilmu pasti, selain itu dinamis atau berubah-ubah seiring diterbitkannya kebijakan baru sistem pencarian mesin pencari. Bernarkah?,,,, Kalau saya sih membenarkan itu. Salah satu teknik SEO yang diyakin sangat mustajab bin wonderfull adalah baclinking. Kalau masalah backlingking, saat sih tetap masih dibutuhkan. Hanya saja, cara-cara yang dahulunya efektif, kini beberapa sudah tak berlaku lagi. Bahkan jika caranya salah, bisa menjadi bumerang nomor satu yang menggugurkan blog Aga-agan semua. Apa saja itu?

Inilah - beberapa Cara mencari backlink yang salah yang patut Kamu perhitungkan!

Dengan Mengetahui yang salah, maka Kita diharapkan agar mencari cara yang benar. Berikut ini penanaman backlink yang mungkin salah untuk 2014:

Komentar diblog dofollow

Blog dofollow adalah buruan paling favorit para pencari backlink, karena dianggap bisa secara langsung dan cepat meningkatkan SERP dan PR. Namun cara ini sekarang sangat beresiko terhadap keberlangsungan site kita. Why?... Karena cara ini saat ini masih favorit, maka dalam suatu site yang dofollow komen, dalam waktu singkat bisa mengundang komentar yang mengandung link dalam jumlah banyak. Sehingga dengan demikian OBL(Outbound Link) site tersebut menjadi berlebihan dan bisa menurun peringkatnya. Akibatnya?, site kitapun bisa ikut terkena imbasnya. Resiko lainnya, jika site tersebut kena sandbox, site kita juga bisa juga terkena dampaknya. Bukankah DOFOLLOW artinya mengizinkan crawler untuk menelusurinya, efeknya tentu akan lebih cepat terasa.

Meninggalkan Link dengan keyword yang sama berulang-ulang

SEO lama sangat umum dengan caranya yang meninggalkan keyword sebagai anchor text yang sama secara berulang dan sebanyak mungkin. JIka cara ini sekarang masih Anda pergunakan, itu sama halnya dengan mematikan site kita sendiri. SPAM adalah kata yang tepat yang menggambarkan cara tersebut dimasa kini, dampaknya tentu saja bisa penalty yang sulit bisa dipulihkan kembali.

Menaruh backlik pada kontent yang tak bernilai tinggi

Menyisipkan link pada sebuah artikel sebenarnya masif efektif, dengan catatan Anda membuatnya disitus yang berkualitas dengan kontent yang berkualitas pula. Jika Anda melakukan ini pada penulisan artikel disitus yang berkualitas rendah(junk), dan berperingkat buruk(apalagi sudah kena sandbox), maka akibatnya sudah bisa ditebak.

Menaruh link di sidebar atau footer


Isu menanam BL di sidebar atau footer sudah sangat banyak diperbincangkan dibeberapa forum atau blog SEO. Asumsinya merujuk kepada perbuatan SPAM backlink/unatural, karena seluruh artikel, page, atau kategori akan mengarahkan backlink dengan satu anchor text atau keyword yang sama. Misalnya sebuah blog yang Anda tumpangi link Anda memiliki 30 kategori, 10 page, dan 300 artikel, maka link yang masuk akan dijumlah kali lipatkan sehingga total menjadi 340 link. Bagaimana jika site tersebut memiliki 3000 artikel, atau Anda menaruh KW yang sama, dengan cara yang sama dan dibanyak blog. Jadi menurut Anda apakah itu terlihat natural?, dan merupakan SPAM link atau bukan?..

Kalau yang ini, terus terang saya tak mau melakukannya lagi. Tapi kalau anda menganggapnya fine-fine aja, ya silahkan saja dicoba atau diteruskan.


Menanam backling dikomentar blog yang tak terurus

Jika blog yang tak terurus tersebut dofollow, dan sudah lama terpenalti, maka link yang Anda taruh dalam komentar tersebut juga bisa membawa kesialan. Sebaiknya perhatikan dulu blog yang akan Anda tinggalin link komen, bagaimana visitornya, kapan update terakhir dsb.

Menaruh link dihalaman yang hanya bersisi link tanpa konten

Hal ini biasanya umum terjadi pada pertukaran backlink, dimana yang dibuatkan halaman khusus yang hanya berisi link-link yang dipertukarkan. SPAM Link adalah identifikasinya.

Menaruh link disitus tak relevan

Situs Anda mengenai Olharaga, namun menaruh link review pada sebuah situs Investasi. Ha ha, sama sekali tidak relevan kan?,,,. Dan ini merupakan isu pokok SEO 2014. Jika ingin bertahan, maka jangan dipaksakan.

Link Scheme

Apa itu link scheme?.... Ya, membangun backliknk dengan pola tertentu, dan melibatkan banyak situs(=blogpost, web 2.0, blog comment, social Bookmark, forum profile, dsb). Kalau di ibaratkan, hal ini ibarat seperti lomba lari estafet. Pola link scheme yang paling populer adalah pyramid link dan metoda yang berputar seperti lingkaran(=link wheell). .

Pyramid link : Melibatkan web yang dibagi kedalam beberapa kelas, yaitu yg disebut kelas money site, tier 1, 2 ,3 bahkan 4(umumnya hingga tier 3, sebab kalau sampai tier 4, capek bro :D). Tier 4 mendukung tier 3, tier 3 mendukung tier 2, tier 2 mendukung tier 1, dan tier 1 mendukung Money site. Tier yang lebih besar/rendah biasanya melibatkan lebih banyak web/blog. Tapi kalau yang namanya piramid link method, kini masih dianggap bagus - tapi bagusnya juga masih bersifat relatif, tergantung dengan bagaimana car kita membangunya.

Pola lingkaran / link wheell: Artinya berputar, melibatkan banyak web yang terhubung dengan link, dan berputar dengan pola mirip lingkaran - nggak jelas mana yang menjadi money site, dan mana yang hanya sebagai web tier. Waspadai, jangan sampai Anda membuat link yang bisa dikatakan berpola seperti lingkaran.

Itu semua adalah termasuk link scheme, yang bisa mengancam keberlangsungan hidup blog Anda.

Lalu apa yang bisa saya lakukan?..... 

Ini adalah isu penting untuk SEO 2014 ini. Optimasilah Social media Anda, dengan tujuan untuk mendapatkan banyak social signal dari visitor Anda. Sederhananya, jika kontent Anda dirasa bagus oleh pengunjung, tentu mereka tak akan sungkan untuk menambahkan "like", "share", "+1" dll. Dan inilah SEO yang paling mujarab diawal tahun ini.

Lalu bagaimana cara backlinking yang terbaik menurut penulis?

Ini sih pribadi, tapi kalau agan mau ngikut ya silahkan. Cobalah menulis sebagai guest blogger di site yang relevan dan bagus posisinya (=blogpost istilahnya). Atau kalau mau yang free dan kapan saja, Anda juga bisa mengirimkan tulisan di situs artikel directory seperti goarticle,lomography dll. Bisa juga membuat artikel disebuah trit forum dofollow. Semua tentu dengan meninggalkan BL yang bisa disisipkan diartikel. Walaupun Saya tak menjamin, namun cara ini menurut saya lebih terlihat natural. Namun ingat, artikelnya yang unik dan relevan ya?...

Memang kedengarannya melelahkan dan banyak buang waktu, akan tetapi jika masih memikirkan jangka panjang kenapa tidak?. Menurut saya, cara ini adalah cara backlingking paling dasar yang mudah dan murah, sekali lagi untuk "2014".


Backlinking sangat beresiko, sebaiknya berhari-hati, dan ketahui cara yang benar. Itu saja hasil rangkuman dari blogwalking di situs situs pakar SEO dunia yang sudah terkemuka. Bagaimanapun juga saya tidak menjamin keakuratan dari artikel ini, dan Anda bisa mencobanya jika sangat memerlukan pembuktian. Bukankah pengalaman adalah guru terbaik?..

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait Cara cara mencari backlink yang salah mulai tahun 2014

Previous
Next Post »

13 komentar

Write komentar
2 Februari 2014 13.41 delete

Wah, bahaya juga ya gan berkomentar di blog doffolow. Ada sisi positif dan negatifnya. Harus hati-hati nih kalau mencari backlink. Terima kasih atas infonya gan. Sukses selalu :)

Reply
avatar
4 Februari 2014 21.33 delete

Saya sampe sekarang masih bingung tentang SEO. Ga tau metode apa yang musti dijalankan. Cari referensi sana sini, malah tambah puyeng mas bro. Udah aja jadinya saya nulis ngikutin arah naluri aja. Thnks infonya.

Reply
avatar
Bimaster
AUTHOR
17 Februari 2014 09.56 delete

@interior deasin
Goog Think!
Mencari cara yang paling diyakini, kemudian menerapkannya. Dengan demikian nanti akan dapet trial dan errornya, selanjutnya akan tahu sendiri mana yg terbaik.

Reply
avatar
14 Maret 2014 15.04 delete

Seo selalu berubah dari waktu ke waktu jadinya susah ditebak, yang penting sekarang menulis artikel dengan konten yang original...dan berkualitas...konten is the best...!

Reply
avatar
Musaanimers
AUTHOR
20 Maret 2014 17.34 delete

Hmm harus hati-hati ne gan ,

yang terpenting ''Alone-alone mentEng kelakon'' . . itu kata yang pas buat para pencari backlink heheheh

salam kenal gan , kunjungan pertama ni ke blog ini ..

Reply
avatar
vina aulia
AUTHOR
21 Maret 2014 19.50 delete

infonya menarik gan, semoga menambah wawasan untuk kita yang membacanya.


biar sedikit fresh, mampir gan..
========================
cethar-membahenol.blogspot.com
========================

Reply
avatar
yayat
AUTHOR
16 April 2014 10.34 delete

kalau ane setuju saja sama Interior Desain, ya menurut ane juga seo itu rieut

Reply
avatar
25 April 2014 23.15 delete

''Alone-alone menteng kelakon'',Apa masih zaman gan...?hahaha

Reply
avatar
4 Juni 2014 05.16 delete

Artikelnya sangat bermanfaat buat saya.
Trima kasih atas infonya... :)

Reply
avatar
14 Juni 2014 07.50 delete

Artikelnya sangat bermanfaat buat say.
Trima ksh atas infonya.. :)

Reply
avatar
surya
AUTHOR
8 Juli 2014 02.28 delete

saya harus percaya,mungkin yang lain juga percaya,buktinya ketika saya mencari keyword "artikel terbaik" di google hasilnya artikel ini masuk page 1 posisi 4,terima kasih infonya mas

Reply
avatar
verdian
AUTHOR
30 Oktober 2014 05.53 delete

wah mantap mas, saya adalah tipe blogger yang tidak begitu peduli engan yang namanya backlink, karena keterbatasan waktu, hahaha, padahal backlink mempunyai andil yang cukup besar pula untuk perkembangan sebuah blog

Reply
avatar

Anda pasti benci SPAM, saya juga sama.Komentar dimoderasi, SPAM akan difilter manual. NO KEYWORD ANCHOR pada NAME! .BACA Terms Of services.
Terimakasih atas komentar dan kritiknya..