DATA adalah barang paling berhaga Didunia Bisnis Digital

6/08/2017 0

The Power of Data


Mungkin sebagian besar sudah tau, terutama yang sering mondar-mandir di marketplace, kalo Beli pulsa, token listrik, kuota internet, beli tiket kereta, tabungan emas, reksa dana, sampai donasi & bayat zakat pun sekarang dengan sangat mudahnya bisa via marketplace.
bagi yg jualan di marketplace, duit profitnya ada yang sengaja diputer-puter di marketplace wallet doang. entah itu buat bayar tv cable, beli pulsa, listrik, BPJS, tv kabel, PAM, tiket, atau barangbarang kebutuhan sehari2 atau sekedar hobby tanpa keluarin duit lagi dari kocek.

Mungkin nantinya dirjen pajak juga akan menjangkau e-wallet/ dompet virtual. atau kedepan akan ada peraturan baru e-wallet di setiap marketplace juga harus dilaporkan pajak karena dianggap sebagai income (kalo top up ya harus ada bukti pindah buku), perlakuannya mungkin sama spt rekening bank. siap2 aja 😅
marketplace sudah pegang "data", dan sadisnya data tsb sudah teredukasi untuk berbelanja online. tinggal seberapa kreatif marketplace menciptakan produk baru yang mudah diserap usernya.

Marketplace sangat bisa tiba2 menjadi KOMPETITOR utama bagi agen travel (pesawat & hotel), paket liburan & honeymoon, agen pulsa, toko buku, perusahaan leasing motor/ mobil hingga kompetitor bisnis-bisnis berbasis FinTech (Financial Technology) & masih banyak lagi.
Cek saja fitur2 bukalapak & tokopedia. karena setelah aksi "bakar duit" mereka mulai perlu menciptakan profit...

The WAR is just begin....

Siapa sangka?

marketplace yang sebelumnya cuma dikenal sebagai tempat jual beli online. malah jadi kompetitor serius bagi bisnis lain? karena dengan "The Power of Data" yg mereka miliki (bukan data sampah), bisa digunakan untuk menghasilkan super profit di berbagai lini bisnis lain! apalagi bisa memberikan harga yang sangat kompetitif? bahkan bisa mudah berkolaborasi dengan start up lain, spt go-jek dll utk pengiriman instan.
contoh lain kemaren saya nyobain beli pulsa dll, lebih murah dibanding sy beli via mbanking. cukup via app. simple, murah & nggak ribet.

DATA yang BERKUALITAS yang dipegang marketplace membuatnya mudah menerapkan berbagai strategi bisnis sehingga ketika ada produk baru launching dengan mudahnya pihak marketplace akan memasarkan produknya. seperti yang baru2 ini "tabungan emas" dari bukalapak yang sebelumnya dilakukan secara offline oleh pegadaian. tapi oleh BL dibuat full 100% online. cadasss! pegadaian perlu segera berinovasi!
Coba mulai perhatikan di beberapa marketplace (JD, MM dll).

dulu merchant2 besar berjaya di marketplace bisa memberikan harga murah misal jualan TV/ HP/ elektronik. dibanding toko konvesional. tapi ketika marketpalce mulai menjual sendiri juga (TV, HP dll dari suplier langsung dengan kontrak bisnis yg menarik) harganya jelas bisa lebih murah lagi! PLUS free ongkir! gimana nggak kejet2 para merchant tadi?

Itu merchant besar...


Nah gimana nasib yg baru mulai bisnis apalagi yg dropshipper & reseller? tetap sih ada yg bisa hasilkan, tapi seberapa gede & optimal? kalo nantinya di monopoli marketplace? walau nggak semuanya.
pada beberapa jenis usaha tertentu, selain menciptakan brand sendiri, tanpa INOVASI yang mumpuni di usaha online/ konvensional mungkin kedepan harus siap-siap digerus pelan2 & berhadapan dengan raksasa marketplace.

Mungkin nggak lama lagi, juga akan muncul semacam "kartu debit marketplace", yang saldonya berasal dari "dompet virtual" apalagi kalo bisa jg utk bayar FB Ads/ Adwords. sangat mungkin bisa ☺️
dan siapa sangka "pesaing" jasa ekspedisi "dalam kota" malah tukang ojek online? atau kelak marketplace juga memiliki jasa ekspedisi sendiri : marketplace express! sebagian sdh mulai melakukan walau masih area tertentu spt lazada (walau masih sebatas produk yg dipasarkan di lazada).

Karena jelas dengan makin berkembangnya online store & konsumen yang semakin banyak yg berbelanja online, kehadiran jasa ekspedisi akan sangat strategis sekali. PT POS, JNE, TIKI dll jelas butuh inovasi sebelum pasarnya digerus oleh inovasi produk dari marketplace.
IT (Information Technology) memang penting utk infrastruktur & pendukung bisnis, tapi untuk bisa bertahan & berkembang pesat perlu lebih serius & lebih cerdas dalam mengolah DT (Data Technology) & inovasi.

Masihkah meremehkan DT? 


Untuk kita-kita pedagang online & pebisnis online mulailah lebih SERIUS lagi bangun Pixel, List Building, Tribes, Team & Komunitas, sambil belajar mensinergikan & mengolah DATA yg "berkualitas" untuk me-generate MULTIPLE STREAM of income!
Sumber : Fb Status

5 Tips Mendesain template yang SEO Friendly

4/27/2015 2
Template adalah merupakan unsur penting dalam rangka optimasi SEO, dan oleh pakar SEO dikategorikan kedalam SEO OnPage.Namun Cara-cara mengedit template tak lepas dari pengetahuan tentang ilmu desain Web, yang bisa mencakup HTML, CSS, dan PHP.

Namun Saya tidak membahas bagaimana caranya mendesain template, karena disini semua sudah saya anggap paham dengan desain web(paling tidak dasar-dasar). Kita hanya bicara SEO yang terkait dengan desain dan template.

Inilah 5 tips penting yang wajib kamu perhatikan dalam mendesain blog, yang berguna untuk mengoptimalkan dari sisi SEO

1. Ringan

Template yang ringan sangat direkomendasikan untuk memulai deasain template blog yang SEO friendly. Walaupun loading blog yang ringan hanya sedikit berpengaruh terhadap pemeringkatan situs, namun apapun bisa berpengaruh terhadap SERP. Situs yang loadingnya ringan lebih besar mendorong pengunjung untuk mengunjungi secara maksimal isi dari blog kita. Loading yang ringan juga akan membuat bot mesin pencari lebih mudah menelusuri seluruh halaman, sehingga akan sangat jarang kita mendapat masalah "page not found" di GWT. Tamplate yang ringan juga terbukti menekan angka bounce rate, selain dari konten itu sendiri yang lebih baik.

Dengan demikian akan masuk akal, jika blog yang loadingnya ringan lebih cepat dapat dihalaman 1.



2. Struktur

Struktur dari sebuah laman blog yang mesti diperhatikan adalah penggunaan tag h1,h2,h3 dst. H1 adalah heading utama yang menjelaskan apa maksud dari sebuah artikel, dan ini yang akan dibaca pertamakali oleh pengunjung dan bot setelah loading. Bagaimana penempatannya?

h1 adalah heading utama(major heading), menjelaskan secara keseluruhan isi blog, dan jumlahnya disarankan cukup 1 saja.
h2 adalah subheading atau minor heading, menjelaskan beberapa pokok pembahasan dalam sebuah artikel, bisa lebih dari  satu.
h3 adalah minor heading, menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan subheading. Boleh ada lebih dari satu, dan tidak harus ada.

Kesimpulannya, halaman blog yang memiliki  struktur baik, bisa diasumsikan memiliki kontent yang lengkap dan detail plus user friendly.

3. Responsive

Template responsive sangat bagus diterapkan jika Kamu ingin memiliki blog yang SEO friendly, karena bisa dipastikan bahwa 80% pengguna internet sekarang menggunakan perangkat mobile - dimana yang memiliki ukuran layar lebih sempit daripada laptop/PC. Template responsive akan secara otomatis menyesuaikan diri dengan berbagai ukuran layar perangkat yang digunakan pengguna internet - sehingga blog tetap nyaman jika diakses menggunakan ponsel cerdas(mobile friendly). Google sendiri sudah menjalankan algoritma terbaru yang bertugas menyeleksi blog mana yang sudah mobile friendly, yang untuk diprioritaskan menempati urusan teratas hasil pencarian.

4. Tampilan

Desain tak bisa dibantah lagi manfaatnya. Bahkan layout sebuah blog bisa mempengaruhi user secara psikologis. Jika desain blog  kamu nyaman dilihat, eye catching, rapi, dsb, maka hal ini bisa memotivasi user untuk menjelajah artikel blog kamu  lebih banyak lagi. Desain bagus bukan harus memiliki grafis yang lurabiasa, dan warna-warna yang wah. Tetapi apakah paduan warna, font, header, tataletak, dsb sudah nyaman dilihat?.. Dan apakah desain blog kamu tidak memiliki efek samping yang memberatkan loading?... kembali ke point pertama. Masalah desain sangat berpengaruh terhadap SEO, secara tidak langsung - karena berapa lama pengguna berada dihalaman kamu, berapa banyak dia menjelajah, semuanya mempengaruhi apa yang dinamakan efek Bounce rate. Bounce rate tinggi disebabkan oleh perilaku pengunjung yang lebih cepat meninggalkan halaman blog kamu, semakin banyak pengunjung yang terlalu dini pergi, maka bounce rate akan semakin tinggi dan sangat bisa menurunkan rangking blog.


5. Typografi

Jenis/font family dan style yang menyangkut huruf juga perlu diperhatikan, karena jangan sampai orang matanya lelah ketika membaca blog kamu. Jangan menggunakan style huruf yang mengisi paragraf dibold semua, atau terlalu besar lebih dari 17 px. Warna huruf dan background harus selaras, tak ada yang terlalu terang atau gelap. Nah, idealnya  menurut saya adalah background putih dengan warna huruf yang nggak terlalu hitam dan nggak terlalu terang misalnya HEX #444. Misalnya background laman hitam, dan huruf putih bagaimana?.. Memang kontras dan mudah dibaca  tapi perpaduan ini biasanya membuat mata cepat lelah pada beberapa orang.

Bagaimana dengan font family?... Gaya huruf tentunya yang tidak menyulitkan untuk cepat dipahami, kalau saya lebih suka menggunakan style yang jelas misalnya Arial, atau verdana. Atau yang lain misalnya Times New Roman juga oke-ok saja - Dengan ukuran Normal dan ukuran maksimal 14px saja untuk pengisi paragraf. Beda lagi kalau ukuran font yang untuk heading, biasanya ukurannya berurutan tergantung kelas dari heading tersebut - misalnya h1 tentu lebih besar dari h2 dst.

Demikian tips sederhana membuat desain blog yang user friendly untuk menuju blog yang SEO friendly
Baidu PC Faster dan Baidu Antivirus adalah MALMWARE?

Baidu PC Faster dan Baidu Antivirus adalah MALMWARE?

12/12/2014 0
Baidu PC faster adalah free software yang diciptakan sebagai utility untuk tujuan mempercepat kinerja komputer. Pada dasarnya software ini menawarkan scanner untuk membersihkan komputer dari file-file sampah(junk file), termasuk temporary, pindai dan perbaikan registry, dll.


Lalu apa salahnya?... Dan benarkah baidu pc faster adalah virus atau malmware?..


Tiba-tiba muncul...

Baidu PC faster adalah program yang ditambahkan ketika pengguna komputer menginstal perangkat lunak gratis lainnya. Dengan demikian seringkali pengguna tidak tahu darimana asalnya program ini, sehingga tak mengherankan jika banyak orang yang menanggapnya sebagai virus. Program ini juga dibundel kedalam installer kustom pada banyak situs download terkenal; jadi jika Anda men-download perangkat lunak dari situs tersebut, kemungkinan bahwa Baidu PC faster terpasang secara otomatis selama proses setup perangkat lunak.

Baidu PC Faster bukanlah virus, tapi?....

Baidu PC Faster secara teknis bukanlah virus, tetapi ia menunjukkan banyak sifat-sifat malmware, seperti kemampuan rootkit untuk masuk jauh ke dalam sistem operasi komputer, mengambil alih browser, dan secara umum hanya mengganggu pengalaman pengguna saja.


Produk ini umumnya mengacu sebagai "PUP"(Potentially Unwanted Program), atau program yang mungkin tidak kita kehendaki.

Menyebabkan masalah

Windows registry adalah database Windows dan aplikasi untuk menyimpan berbagai pengaturannya. Ini berisi ratusan ribu entri, dan beberapa entri mungkin sedikit usang - mungkin Anda telah menghapus program dan meninggalkan satu atau dua KEY, atau mungkin ada ekstensi file tanpa aplikasi yang terkait.

Baidu PC Faster memindai registri Anda untuk mencari entri-entri yang usang dan menawarkan untuk menghapusnya. Karena ada begitu banyak entri registry yang harus dihilangkan, program ini kadang-kadang juga menghapus entri registry yang sebenarnya berguna, dan menyebabkan masalah.

Pengalaman pribadi

Kalau pengalaman pribadi yang saya rasakan, software untuk mempercepat ini faktanya justru memperlambat komputer saya; terutama dengan POP-UP pemberitahuan kecepatan saat booting. Ia juga menginstal software lain tanpa seijin kita, yaitu baidu antivirus dan Baidu App Store. Pokoknya dia menggunakan sambungan internet tanpa konfirmasi, untuk update, dll. Bahkan, baidu antivirus tak bisa begitu saja bisa saya hapus; saya membutuhkan software lain untuk mengeksekusinya. Benar-benar menjengkelkan seperti sampah...

Kalau saya mengibaratkan, Baidu PC Faster seperti seorang karyawan atau asisten yang bekerja begitu saja; tanpa ketuk pintu atau tanpa permisi. Tentu saja cara masuk yang tanpa diinginkan itu melanggar etika, dan jangan-jangan ada maksud yang kurang baik?... bisa jadi kan?..   :D . Walaupun gratis, cara kehadiran yang seperti itu pasti menimbulkan pertanyaan.

Betul, saya mendapati program ini sudah terinstal begitu saja tanpa saya sadari, setelah saya run program gratis dari sebuah situs download software :D

Waspadai menginstal software free download

Anda harus selalu memperhatikan ketika menginstal perangkat lunak, karena seringkali installer software juga mengikutkan pilihan (opsi) intalasi, seperti serta menginstal Baidu PC Faster ini. Berhati-hatilah apa yang Anda setujui untuk diinstal. Selalu pilih instalasi kustom, dan hapus segala sesuatu yang tidak familiar, terutama software opsional yang Anda tidak pernah ingin men-download dan menginstalnya. Tak usah dikatakan bahwa Anda tidak harus menginstal software yang tidak percaya.

Masih banyak perangkat lunak untuk mengoptimalkan komputer, contohnya adalah CCleaner yang sudah punya nama baik diantara banyak penggunanya.
Referensi: http://malwaretips.com/blogs/baidu-pc-faster-virus/

Kini saatnya kita melakukan cara SEO NATURAL

8/19/2014 1
Nggak hanya dalam kehidupan saja yang mengenal istilah BACK TO NATURE. Dalam rangka optimasi web, SEO khususnya, cara natural sudah mulai banyak dilirik oleh para webmaster dalam dan luar negeri. Munculnya tentara-tentara Search engine seperti PENGUIN, PANDA, HUMINGBIRD, dan PIGEON yang baru-baru ini, banyak membuat situs yang dioptimasi secara "tidak alami", jatuh berguguran satu-persatu. Beberapa diantaranya harus menelan kenyataan pahit, karena reconsider ditolak, dan deindex secara permanent gara-gara terjaring "Unnatural Inbound Link". Dan sebagian masih patut bersyukur, karena hanya sekedar di "Dance", dan reconsider diterima, walaupun pada akhirnya visitor tidak pulih seperti sediakala.

Blog atau website adalah investasi jangka panjang, yang dibangun dengan tetesan darah dan linangan air mata :D -lebay mode on., Kita membangun blog butuh banyak energi, biaya, dan waktu. Apakah tidak menyedihkan, hanya gara-gara kesalahan sedikit, harus rela berakhir dalam 1 malam saja?.. Ini fakta untuk era blogging saat ini. Pukulan telak ini bisa membuat frustasi, dan bahkan enggan lagi menyentuh keyborad komputer untuk mengelola web lagi. Hanya gara-gara ini, banyak blogger yang beralih profesi menjadi jasa backlink, jasa SEO, jasa build blog, jasa content writer, dll(no-offense ya bro?). Intinya sudah malas untuk menerima kenyataan pahit yang sama untuk kedua kalinya.

Nah, lalu bagaimana dengan blogger yang hanya bisa dan passion di blognya sendiri?... Jawabnya : Gunakan cara natural!, atau menggunakan cara yang "*seolah natural",  jika ingin jauh dari mengalami frustasi yang kedua kalinya.

"Cara natural lama hasilnyta Bro,,, "

Memang lama, tapi apa lagi yang ente mau perbuat?...
Tapi ingat, walaupun cara alami bisa jadi lama agar bisa ngrangking, bukan berarti blog ente tak bisa sukses. Saya sendiri bisa membuat blog tanpa harus sibuk optimasi OFFpage, bisa berpenghasilan $15 perhari, hanya dalam jangka waktu 6 bulan. Ya, memang lambat, tapi peningkatan terjadi tiap bulan secara signifikan.

Tips cara SEO natural, aman, dan tetap berpotensi

  • Optimasi theme blog ente bro, termasuk pagespeed, struktur, dan heading.
  • Buatlah blog dengan tujuan yang jelas, ada contact, about, disclaimer, privacy policy, dan terms of use
  • Perbaiki cara ente menulis konten, termasuk jangka waktu publish, jumlah publish perhari, jumlah kata per artikel. 
  • Tulislah artikel yang bisa membuat visitor Anda secara sukarela mau memberikan like, atau bantu share.
  • Bagikan artikel Anda, 1kali saja untuk 1 artikel.
  • Tidak memperoleh backlink sitewide link, blogroll, footer link, dll
  • No link scheme, link exchange, linklist, over outboubd link
  • Rawatlah blog ente, ketahui setiap ada permasalahan webmaster menggunakan tool google webmaster tool, dan segera ditangani
  • Rawatlah blog ente, dengan cara update artikel rutin
  • Tidak menggunakan cara optimasi yang mengelabuhi search engine, menggunakan software penangkap keyword, spinner artikel.
  • 100% hindari SPAM. Nyepam di blog comment, forum post, SB, SM, dll. Sudah tahukan Anda dg yang namanya Nyepam? Maka Jangan lakukan lagi jika ingin natural.
  • Menggunakan Cara Backlinking secara Manual, tepat, dan, wajar.

Mungkin masih banyak lagi. Namun pada intinya, Natural itu lebih kepada arti manual, yang dilakukan secara wajar sebagai tangan manusia, serta tidak ada manipulasi atau pengelabuhan.

* Seolah natural : Sebenarnya tergolong mengelabuhi, tapi bisa terlihat natural dimata bot. Not recomended bagi pemula, karena biayanya bisa mahal, dan rumit. Natural tapi tidak alami, atau asli tapi palsu, mungkin begitulah persamaan artinya :D

Segala cara SEO tidak ada jaminan 100% work. Ini hanya sebuah cara, bagaimana agar kita bisa bertahan lebih lama lagi.

Penderita asam urat tidak boleh memakan makanan ini

6/01/2014 4
Asam urat lebih dikenal sebagai radang sendi,sendi membengkak dan rasanya sakit sekali. Kondisi ini disebabkan karena tingginya kadar asam urat dalam darah yang sudah melampaui batas yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah, kelebihan asam urat dalam darah ini pada akhirnya akan mengkristal dan menumpuk pada persendian, sehingga mengikis jaringan tulang lunak sendi dan menimbulkan rasa sakit. Apa penyebab asam urat tinggi?, Asam urat dalam darah yang berlebih bisa didasari karena ada masalah pada fungsi ginjal. Karena hal tersebut, makanan tertentu yang dikonsumsi bisa semakin mempertinggi asam urat dalam darah dan menimbulkan peradangan gout yang menyakitkan.

Makanan yang tinggi mengandung purin, terutama harus dihindari oleh penderita. Hal ini bisa mencakup makanan hewani maupun nabati atau sayur-sayuran tertentu. Bagi orang sehat, makanan yang tinggi purin ini tidak menjadi masalah, namun bisa semakin memperparah kondisi bagi penderita asam urat.

Berikut makanan tinggi purin, yang harus dihindari oleh penderita asam urat karena bisa memperparah gejala dan kondisi :


Kacang belinjo

Kacang-kacangan seperti kacang tanah juga harus dihindari, terutama belinjo bahkan beserta daun dan bunganya, yang biasanya diolah sebagai sayur mayur.

Buah durian

Buah durian memang lezat bagi sebagian orang, akan tetapi jika dikatakan dokter memiliki asam urat, sebaiknya dihindari. Atau kalau memang ingin sekali memakannya, sebaiknya tidak berlebihan dan sering.

Petai

Petai yang bau ini sebenarnya sangat bagus nilai kandungan nutrisinya, ia mengandung mineral, antioksoidan polifenol yang kuat, serat, vitamin B2 yang bagus untuk otak, dsb. Akan tetapi karena tinggi purin, sebaiknya jika Anda memiliki asam urat tinggi untuk menghindari petai.

Bayam

Orang mungkin berfikir jika bayam adalah sayuran yang bagus dikonsumsi, terutama karena tinggi mengandung zat besi yang sangat penting bagi tubuh. Benar sih, Tapi bagi penderita asam urat, harus berhati-hati dengan sayuran bayam, termasuk asparagus, karena memiliki kadar purin yang cukup tinggi.

Daging merah

Daging merah seperti halnya daging sapi, daging kambing, babi, merupakan makanan sumber hewan yang berkadar purin tinggi. Dengan demikian bagi penderita asam urat, sebaiknya membatasi asupan makanan ini.

Tahu Tempe

Tahu dan tempe rtinggi protein dan gizi, juga sangat umum dihidangkan sebagai makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Tapi, tahu tempe yang berbahan dasar kedelai ini termasuk sumber makanan yang tinggi purin.

Ikan Sarden dan Makerel

Ikan laut seperti sarden, makerel, dan tuna, sangat bagus bagi kesehatan karena mereka tinggi tinggi protein dan asam lemak tak jenuh. Sayangnya ikan pada umumnya juga memiliki kadar purin yang tinggi.  Khususnya ikan sarden, mackerel, dan tuna termasuk jenis ikan yang sebaiknya dihindari penderita sakit asam urat.

Udang

Makanan laut sebagian besar termasuk golongan makanan dengan kadar purin yang tinggi. Golongan seperti udang dan kepiting merupakan sumber makanan yang tinggi kolesterol, jadi sebaiknya konsumsi dibatasi demi kesehatan kita. Baca juga : Buah untuk diabetes

Selain mengatur diet makanan untuk mengelola asam urat, yang juga tak kalah pentingnya adalah melakukan pemeriksaan kadar asam urat ke dokter secara berkala. Hal ini penting untuk mengetahui seberapa aman kadar urat Anda, sehingga diet bisa lebih terkontrol dan dalam batas aman. Selain diet asa urat yang baik, Anda mungkin membutuhkan obat resep untuk membantu kondisi Anda. Perlu diketahui bahwa asam urat adalah penyakit kronis seperti halnya hipertensi dan diabetes, dimana yang memerlukan managemen diet yang baik - atau membatasi dan mengurangi asupan tertentu terus menerus.


Cara cara mencari backlink yang salah mulai tahun 2014

Cara cara mencari backlink yang salah mulai tahun 2014

1/30/2014 13
Orang banyak berkata bahwa SEO adalah bukan ilmu pasti, selain itu dinamis atau berubah-ubah seiring diterbitkannya kebijakan baru sistem pencarian mesin pencari. Bernarkah?,,,, Kalau saya sih membenarkan itu. Salah satu teknik SEO yang diyakin sangat mustajab bin wonderfull adalah baclinking. Kalau masalah backlingking, saat sih tetap masih dibutuhkan. Hanya saja, cara-cara yang dahulunya efektif, kini beberapa sudah tak berlaku lagi. Bahkan jika caranya salah, bisa menjadi bumerang nomor satu yang menggugurkan blog Aga-agan semua. Apa saja itu?

Inilah - beberapa Cara mencari backlink yang salah yang patut Kamu perhitungkan!

Dengan Mengetahui yang salah, maka Kita diharapkan agar mencari cara yang benar. Berikut ini penanaman backlink yang mungkin salah untuk 2014:

Komentar diblog dofollow

Blog dofollow adalah buruan paling favorit para pencari backlink, karena dianggap bisa secara langsung dan cepat meningkatkan SERP dan PR. Namun cara ini sekarang sangat beresiko terhadap keberlangsungan site kita. Why?... Karena cara ini saat ini masih favorit, maka dalam suatu site yang dofollow komen, dalam waktu singkat bisa mengundang komentar yang mengandung link dalam jumlah banyak. Sehingga dengan demikian OBL(Outbound Link) site tersebut menjadi berlebihan dan bisa menurun peringkatnya. Akibatnya?, site kitapun bisa ikut terkena imbasnya. Resiko lainnya, jika site tersebut kena sandbox, site kita juga bisa juga terkena dampaknya. Bukankah DOFOLLOW artinya mengizinkan crawler untuk menelusurinya, efeknya tentu akan lebih cepat terasa.

Meninggalkan Link dengan keyword yang sama berulang-ulang

SEO lama sangat umum dengan caranya yang meninggalkan keyword sebagai anchor text yang sama secara berulang dan sebanyak mungkin. JIka cara ini sekarang masih Anda pergunakan, itu sama halnya dengan mematikan site kita sendiri. SPAM adalah kata yang tepat yang menggambarkan cara tersebut dimasa kini, dampaknya tentu saja bisa penalty yang sulit bisa dipulihkan kembali.

Menaruh backlik pada kontent yang tak bernilai tinggi

Menyisipkan link pada sebuah artikel sebenarnya masif efektif, dengan catatan Anda membuatnya disitus yang berkualitas dengan kontent yang berkualitas pula. Jika Anda melakukan ini pada penulisan artikel disitus yang berkualitas rendah(junk), dan berperingkat buruk(apalagi sudah kena sandbox), maka akibatnya sudah bisa ditebak.

Menaruh link di sidebar atau footer


Isu menanam BL di sidebar atau footer sudah sangat banyak diperbincangkan dibeberapa forum atau blog SEO. Asumsinya merujuk kepada perbuatan SPAM backlink/unatural, karena seluruh artikel, page, atau kategori akan mengarahkan backlink dengan satu anchor text atau keyword yang sama. Misalnya sebuah blog yang Anda tumpangi link Anda memiliki 30 kategori, 10 page, dan 300 artikel, maka link yang masuk akan dijumlah kali lipatkan sehingga total menjadi 340 link. Bagaimana jika site tersebut memiliki 3000 artikel, atau Anda menaruh KW yang sama, dengan cara yang sama dan dibanyak blog. Jadi menurut Anda apakah itu terlihat natural?, dan merupakan SPAM link atau bukan?..

Kalau yang ini, terus terang saya tak mau melakukannya lagi. Tapi kalau anda menganggapnya fine-fine aja, ya silahkan saja dicoba atau diteruskan.


Menanam backling dikomentar blog yang tak terurus

Jika blog yang tak terurus tersebut dofollow, dan sudah lama terpenalti, maka link yang Anda taruh dalam komentar tersebut juga bisa membawa kesialan. Sebaiknya perhatikan dulu blog yang akan Anda tinggalin link komen, bagaimana visitornya, kapan update terakhir dsb.

Menaruh link dihalaman yang hanya bersisi link tanpa konten

Hal ini biasanya umum terjadi pada pertukaran backlink, dimana yang dibuatkan halaman khusus yang hanya berisi link-link yang dipertukarkan. SPAM Link adalah identifikasinya.

Menaruh link disitus tak relevan

Situs Anda mengenai Olharaga, namun menaruh link review pada sebuah situs Investasi. Ha ha, sama sekali tidak relevan kan?,,,. Dan ini merupakan isu pokok SEO 2014. Jika ingin bertahan, maka jangan dipaksakan.

Link Scheme

Apa itu link scheme?.... Ya, membangun backliknk dengan pola tertentu, dan melibatkan banyak situs(=blogpost, web 2.0, blog comment, social Bookmark, forum profile, dsb). Kalau di ibaratkan, hal ini ibarat seperti lomba lari estafet. Pola link scheme yang paling populer adalah pyramid link dan metoda yang berputar seperti lingkaran(=link wheell). .

Pyramid link : Melibatkan web yang dibagi kedalam beberapa kelas, yaitu yg disebut kelas money site, tier 1, 2 ,3 bahkan 4(umumnya hingga tier 3, sebab kalau sampai tier 4, capek bro :D). Tier 4 mendukung tier 3, tier 3 mendukung tier 2, tier 2 mendukung tier 1, dan tier 1 mendukung Money site. Tier yang lebih besar/rendah biasanya melibatkan lebih banyak web/blog. Tapi kalau yang namanya piramid link method, kini masih dianggap bagus - tapi bagusnya juga masih bersifat relatif, tergantung dengan bagaimana car kita membangunya.

Pola lingkaran / link wheell: Artinya berputar, melibatkan banyak web yang terhubung dengan link, dan berputar dengan pola mirip lingkaran - nggak jelas mana yang menjadi money site, dan mana yang hanya sebagai web tier. Waspadai, jangan sampai Anda membuat link yang bisa dikatakan berpola seperti lingkaran.

Itu semua adalah termasuk link scheme, yang bisa mengancam keberlangsungan hidup blog Anda.

Lalu apa yang bisa saya lakukan?..... 

Ini adalah isu penting untuk SEO 2014 ini. Optimasilah Social media Anda, dengan tujuan untuk mendapatkan banyak social signal dari visitor Anda. Sederhananya, jika kontent Anda dirasa bagus oleh pengunjung, tentu mereka tak akan sungkan untuk menambahkan "like", "share", "+1" dll. Dan inilah SEO yang paling mujarab diawal tahun ini.

Lalu bagaimana cara backlinking yang terbaik menurut penulis?

Ini sih pribadi, tapi kalau agan mau ngikut ya silahkan. Cobalah menulis sebagai guest blogger di site yang relevan dan bagus posisinya (=blogpost istilahnya). Atau kalau mau yang free dan kapan saja, Anda juga bisa mengirimkan tulisan di situs artikel directory seperti goarticle,lomography dll. Bisa juga membuat artikel disebuah trit forum dofollow. Semua tentu dengan meninggalkan BL yang bisa disisipkan diartikel. Walaupun Saya tak menjamin, namun cara ini menurut saya lebih terlihat natural. Namun ingat, artikelnya yang unik dan relevan ya?...

Memang kedengarannya melelahkan dan banyak buang waktu, akan tetapi jika masih memikirkan jangka panjang kenapa tidak?. Menurut saya, cara ini adalah cara backlingking paling dasar yang mudah dan murah, sekali lagi untuk "2014".


Backlinking sangat beresiko, sebaiknya berhari-hati, dan ketahui cara yang benar. Itu saja hasil rangkuman dari blogwalking di situs situs pakar SEO dunia yang sudah terkemuka. Bagaimanapun juga saya tidak menjamin keakuratan dari artikel ini, dan Anda bisa mencobanya jika sangat memerlukan pembuktian. Bukankah pengalaman adalah guru terbaik?..

Semoga bermanfaat!